Beranda | Artikel
Doa Syukur Sebelum Tidur
Selasa, 18 Oktober 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Doa Syukur Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 21 Rabi’ul Awwal 1444 H / 17 Oktober 2022 M.

Kajian Tentang Doa Syukur Sebelum Tidur

Di antara doa yang diajarkan oleh Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk kita baca sebelum tidur adalah sebuah doa. Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bila akan tidur, beliau biasa membaca doa berikut ini:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا، وَسَقَانَا، وَكَفَانَا، وَآوَانَا، فَكَمْ مِمَّنْ لاَ كَافِيَ لَهُ وَلاَ مُؤْوِيَ

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kita makan dan minum, dan melindungi serta mencukupi, dan mengaruniakan kepada kita tempat tinggal. Betapa banyak orang-orang yang tidak berkecukupan, tidak memiliki perlindungan, dan tidak punya tempat tinggal.” (HR. Muslim)

Nikmat makan dan minum

Di antara nikmat dimalam hari yang semestinya kita fikirkan adalah makanan dan minuman. Coba kita perhatikan. Ternyata dalam sehari nikmat makan dan minum itu banyak kita rasakan. Supaya itu terasa nikmat, caranya coba kita berfikir dan melihat sekeliling yang ternyata ada orang yang tidak bisa makan tiga kali sehari. Tidak sedikit di antara mereka yang bahkan hanya bisa makan sekali. Bahkan ada di antara mereka yang harus puasa karena tidak ada makanan.

Kalau kita mau membaca berita, coba baca tentang penderitaan saudara-saudara kita di Palestina, di Suriyah, di Yaman, kita lihat orang-orang yang menjadi korban perang antara Rusia dan Ukraina. Lihat bagaimana penderitaan mereka kemudian kita bandingkan dengan kenikmatan yang kita rasakan hari ini. Jika demikian berarti kita mempunyai kenikmatan yang sangat banyak.

Kecukupan

Di antara nikmat yang mestinya di malam hari kita pikirkan adalah hidup berkecukupan. Ada sebagian orang ketika dinasehati untuk qana’ah (menerima karunia Allah), justru malah mengeluhkan kekurangannya.

Banyak di antara kita mengeluhkan kekurangan hidupnya gara-gara tidak bisa memilah dan memilih mana kebutuhan dan mana keinginan. Atau dengan kata yang lain tidak bisa membedakan antara hidup dan gaya hidup.

Jadi tidak setiap yang kita inginkan untuk kita miliki itu adalah kebutuhan. Bisa jadi itu sebenarnya bukan merupakan kebutuhan; boro-boro kebutuhan primer, kadang-kadang sekunder pun juga tidak.

Perlindungan

Sebelum tidur, hal yang semestinya kita renungkan adalah perlindungan. Kita lihat tangan, Alhamdulillah tangan saya masih untuh. Kemudian lihat telapak tangannya, Alhamdulillah jari-jarinya masih utuh. Kita lihat pasangan masih ada, anak masih ada, barang-barang juga tidak berkurang.

Ketahuilah itu semua karena perlindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Betapa banyak orang yang kecelakaan dan setelah kecelakaan anggota tubuhnya berkurang.

Tempat tinggal

Rumah kita (walaupun ngontrak) adalah nikmat. Bukankah banyak orang sekedar untuk ngontrak saja tidak bisa. Ini adalah salah satu nikmat yang sering dilupakan. Karena kebanyakan kita fokus pada kekurangannya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52250-doa-syukur-sebelum-tidur/